Tasawuf sebagai Media Meraih Kecerdasan Intelektual

Pada era moderenisasi seperti saat ini, kita dituntut untuk menjadi seorang muslim yang mampu mengembangkan inteleknya sehingga seorang muslim tersebut bisa memiliki kemampuan dialogis dan fungsional terhadap perkembangan IPTEK.

Secara prinsip tiada seorang pun yang dapat menafikan adanya konsep tasawuf dalam tradisi Islam. Tasawuf terbukti sangat berkesan dalam mendidik jiwa manusia, memberikan ketenangan hati dan mengisi kekosongan jiwa. Sehingga setelah memahami kepentingan tasawuf, banyak sarjana Muslim mengatakan bahwa ia adalah salah satu aspek penting ajaran Islam. Seyyed Hossien Nasr mengatakan bahwa tasawuf  serupa dengan nafas yang memberikan hidup. Tasawuf telah memberikan  semangatnya pada seluruh struktur Islam, baik dalam perwujudan sosial maupun intelektual.” Oleh karenanya, apabila tasawuf sudah masuk kedalam diri kita maka akan dapat mendatangkan kecerdasan intelektual.

Tasawuf memberikan berbagai informasi yang kebanyakan mengenai ajaran-ajaran islam, yang mana ajaran tersebut bisa menjadikan media untuk kita dalam memperoleh kecerdasan intelektual. Ajaran–ajaran islam yang disampaikan di dalam tasawuf, yakni antara lain mengenai aqidah, Ibadah, dan juga Akhlak.

Tasawuf Aqidah yakni lingkup pembicaraan tasawuf yang menekankan masalah-masalah metafisis (hal-hal yang ghaib), yang unsur-unsurnya adalah keimanan terhadap Tuhan, adanya Malaikat, Surga, Neraka dan sebagainya. Karena setiap Sufi sangat menekankan kehidupan yang bahagia di akhirat, maka mereka memperbanyak ibadahnya untuk mencapai kebahagiaan surga, dan tidak akan mendapatkan siksaan neraka.

Tasawuf Ibadah merupakan tasawuf yang menekankan pembicaraannya dalam masalah rahasia Ibadah, sehingga di dalamnya terdapat pembahasan mengenai rahasia thaharah, rahasia sholat, rahasia zakat, rahasia puasa, rahasia haji dan sebagainya.

Tasawuf akhlak yakni tasawuf yang menekankan pembahasannya pada budi pekerti yang akan mengantarkan manusia mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, sehingga di dalamnya dibahas beberapa masalah akhlaq, antara lain: bertaubat, bersyukur, bersabar, bertawakal, dan bersikap ikhlas

Tinggalkan komentar